Sabtu, 13 Februari 2010

Membuat Program Menghitung Kombinasi dengan Procedure - Turbo Pascal 7.1

Share
Setelah lama vakum dari blogosphere dan bahasan pascal, akhirnya saya posting lagi. Kali ini saya akan memberikan kode pascal untuk menghitung jumlah kombinasi. Bagi yang belum tahu apa itu kombinasi, bisa baca-baca di wikipedia:kombinasi tanpa pengulangan.

Ketika urutan tidak diperhatikan akan tetapi setiap objek yang ada hanya bisa dipilih sekali maka jumlah kombinasi yang ada adalah:


Di mana n adalah jumlah objek yang bisa dipilih dan r adalah jumlah yang harus dipilih.

Sebagai contoh, kamu mempunyai 5 pensil warna dengan warna yang berbeda yaitu; merah, kuning, hijau, biru dan ungu. Kamu ingin membawanya ke sekolah. Tapi kamu hanya boleh membawa dua pensil warna. Ada berapa banyak cara untuk mengkombinasikan pensil warna yang ada? Dengan menggunakan rumus di atas maka ada 5!/(5-2)!(2)! = 10 kombinasi.

Nah, sekarang saatnya kita buat programnya. Kita dapat membuat program untuk menghitung kombinasi baik dengan prosedur mau pun function. Nah, kali ini saya coba pakai procedure. Sebelumnya, saya pernah posting artikel membuat program menghitung faktorial dengan function (di posting berikutnya akan saya coba menggunakan function untuk menghitung kombinasi yang tentunya akan lebih mudah membuatnya).

program combination;
uses crt; {atau uses wincrt;}
var m,z,n,i,b:longint;
procedure faktorial(var a:longint);
var
x:longint;
begin
x:=1;
for i := a downto 1 do
x:=x*i;
a:=x;
end;
procedure kombinasi(var l:longint);
begin
faktorial(z);
b:=n*z;
l:=m div b;
writeln('Kombinasi = ',l);
end;
begin
clrscr;
write('Berapa n? '); readln(m);
b:=m;
faktorial(m);
write('Berapa r? '); readln(n);
z:=b-n;
faktorial(n);
kombinasi(n);
readkey;
end.



Silakan dipelajari.
Happy coding ;)

N.b: Program ini sebenarnya tugas dari guru saya, baru saja selesai saya buat segera saya posting di sini :p

Artikel Terkait:

2 comments:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* : 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Comment YES, SPAM NO !
Terima kasih telah berkomentar di blog saya ^_^

Mau Langsung Diberitahu Kalau Ada Artikel Baru di Feethree Blog?


Masukkan email Anda:

Didukung oleh FeedBurner

Feethree Blog